Rabu, 02 April 2014

Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan cuaca dan iklim ada pada rentang waktunya. Cuaca adalah kondisi atmosfer dalam periode waktu yang relatif singkat. Sedangkan iklim adalah bagaimana suasana atmosfer yang terjadi selama periode yang lebih lama.


Pengertian Cuaca
Pada dasarnya, cuaca adalah perilaku yang terjadi pada atmosfer dan berdampak langsung pada aktifitas kehidupan manusia. Perbedaan antara cuaca dan iklim terdiri dari jangka waktu perubahan pada atmosfer. Cuaca berhubungan dengan suhu, kelembaban, curah hujan, kecerahan, kejernihan, angin, visibilitas, dan tekanan atmosfer.

Di suatu tempat, cuaca bisa berubah dalam hitungan menit, jam, hari, dan musim. Iklim merupakan rata-rata cuaca yang terjadi dalam suatu waktu. Cara yang paling mudah untuk mengingat keduanya adalah iklim merupakan apa yang anda harapkan seperti udara yang panas, sedangkan cuaca adalah apa yang anda rasakan seperti saat ini panas sekali.
Sebenarnya ada banyak sekali unsur-unsur pembentuk cuaca. Mulai dari sinar matahari, awan, hujan, hujan es, angin, salju, badai, aliran udara, gelombang panas, dan masih banyak lagi. Dalam rangka membantu semua orang untuk menghadapi kemungkinan cuaca yang akan terjadi maka dibentuklah suatu badan peramalan cuaca, yang di Indonesia biasa ditangani oleh BMKG.
Pengertian Iklim
Secara singkat, iklim adalah pola jangka panjang cuaca yang terjadi pada suatu daerah. Beberapa ahli mendefinisikan iklim sebagai rata-rata cuaca yang terjadi di suatu daerah dalam jangka waktu tertentu. Iklim biasanya dipengaruhi oleh rata-rata curah hujan, suhu, sinar matahari, kelembaban, kecepatan angin, dan fenomena alam lainnya.
Mempelajari iklim dan perubahan iklim sangat penting karena mampu mempengaruhi kehidupan manusia di seluruh dunia. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menaikkan permukaan air laut dan mengubah curah hujan/iklim di suatu tempat. Mengubah iklim bisa mengoptimalkan kesehatan manusia, hasil panen, tingkat persediaan air, dan sebagainya. Bahkan hal ini juga mampu memperluas daerah jangkauan di gurun pasir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kursor